Selasa, 19 November 2013

Game Matematika: Tantangan Logika yang Bikin Penasaran

Paman APIQ mengkoleksi banyak game tantangan yang seru. Anda dapat mencoba game yang seru di bagian bawah ini. Game tentang koin palsu ini sangat menarik tetapi sangat menantang. Cobalah dan rasakan tantangannya yang bikin penasaran.

Tantangan Asli:

"Terdapat 12 koin sama persis dalam bentuk dan warnanya. Tetapi 1 di antaranya adalah palsu yang beratnya sedikit beda (lebih berat atau ringan). Berapa kali penimbangan, paling sedikitnya, agar Anda dapat memastikan mana koin palsu? Apakah lebih berat atau ringan? Bagaimana caranya?"

Catatan: gunakan timbangan neraca dua lengan agar lebih efisien.

Tantangan Pemanasan:

"Dari 3 koin identik, 1 di antaranya adalah palsu dan lebih ringan. Bagaimana caranya hanya dengan 1 kali timbang Anda dapat memastikan mana koin palsunya?"

"Dari 9 koin identik, 1 di antaranya adalah palsu dan lebih ringan. Bagaimana caranya hanya dengan 2 kali timbang Anda dapat memastikan mana koin palsunya?"

"Dari 27 koin identik, 1 di antaranya adalah palsu dan lebih ringan. Bagaimana caranya hanya dengan 3 kali timbang Anda dapat memastikan mana koin palsunya?"

Barangkali setelah Anda mencoba tantangan pemanasan ini, Anda dapat kembali kepada tantangan asli. Semoga berhasil...!

Setelah berhasil, Anda dapat mencoba tantangan lebih lanjut dari Paman APIQ berikut ini.

Tantangan Lanjut:

"Terdapat 34 koin sama persis dalam bentuk dan warnanya. Tetapi 1 di antaranya adalah palsu yang beratnya sedikit beda (lebih berat atau ringan). Berapa kali penimbangan, paling sedikitnya, agar Anda dapat memastikan mana koin palsu? Apakah lebih berat atau ringan? Bagaimana caranya?"

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat...

Tidak ada komentar: