Sabtu, 31 Mei 2014

2 + 2 = 3 ? Solusi Diagram Venn Memudahkan Teori Himpunan

Banyak siswa dan guru yang membutuhkan cara praktis memahami konsep himpunan diagram venn. Paman APIQ sering memunculkan pertanyaan,

2 + 2 = 3?

Memang benar seperti di atas. Ya, 2 + 2 memang = 3. Hal ini dapat kita pahami dengan teori himpunan dan lebih mudah lagi menggunakan diagram venn.

Dalam ungkapan cerita, Paman APIQ sering memunculkan pertanyaan, " Ada 2 orang ayah dan 2 orang anak. Tetapi setelah dihitung semua ternyata hanya ada 3 orang. Mengapa?"

Problem di atas bukan sekedar teka-teki bahasa. Tetapi problem di atas adalah landasan dasar untuk mengembangkan teori himpunan. Secara mudah kita dapat mengatakan bahwa 2 + 2 = 3 menjadi benar karena terdapat irisan 1.

Contoh:

A = {p, q} dan B = {q, r}

maka gabungan A dan B adalah C = {p, q, r}.

q yang merupakan anggota A dan sekaligus anggota B hanya cukup kita hitung 1 kali saja. Himpunan {q} merupakan irisan A dan B.

Video multimedia Paman APIQ tentang himpunan dapat Anda manfaatkan untuk memahami himpunan diagram venn menjadi lebih mudah lagi.



Belajar matematika lebih asyik dan kreatif bersama APIQ.

Pertanyaan kreatif sering muncul kadang kala: 3 orang punya HP, 4 orang punya kalkulator, berapa orang sedikitnya yang punya dua-duanya? Berapa orang paling banyak yang punya dua-duanya?

Jawab:

Yang punya dua-duanya paling sedikit adalah 0 atau tidak ada. Hal ini karena pemilik HP dan kalkulator adalah berbeda orang. Mereka adalah himpunan yang saling terpisah atau eksklusif.

Yang puya dua-duanya paling banyak adalah 3. Yaitu 3 orang yang punya HP ternyata juga merangkap punya kalkulator. Dalam hal ini, yang punya HP adalah himpunan bagian dari yang punya kalkulator.

Lebih lengkap mengenai digram venn dan irisan himpunan silakan kunjungi tulisan Paman APIQ yang lain.

Cara Cepat Irisan 3 Himpunan dengan Diagram Venn

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat...
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Tidak ada komentar: