Minggu, 01 Juni 2014

Hasil Pembagian 1 : 0 adalah Berapa?

Paman APIQ memahami bahwa pembagian dengan 0 tidak selalu mudah. Tetapi dengan tips Paman APIQ kita akan menjadi mudah memahami dan lebih cepat mengenai matematika.

Pertama kita harus menyadari bahwa 0 bukan bilangan asli. Maksudnya, jaman dahulu kala, 0 bukanlah dianggap suatu bilangan - apa lagi bilangan negatif. Karena itu dalam konsep pembelajaran, Paman APIQ menekankan pentingnya kita memberi perhatian khusus dengan bilangan 0.

3 + 0 = 3; mana mungkin? 3 ditambah sesuatu hasilnya tidak berubah. Mestinya bila 3 ditambah sesuatu maka hasilnya haruslah bertambah. Tetapi bila ditambah 0 memang tidak berubah kan? Demikian juga dengan pengurangan.

Untuk pembagian tentu akan lebih seru lagi.

1/0 = 1 atau

1/0 = 0 atau

1/0 = tak terdefinisi



Jawaban yang tepat memang 1/0 adalah tak terdefinisi. Maksudnya kita tidak mendefinisikan pembagian dengan 0, atau kita menghindari pembagian dengan 0, atau makna pembagian tidak boleh diterapkan kepada pembagia dengan 0, atau pembagian dengan 0 adalah dilarang.

Mengapa?

Karena definisi dasar pembagian adalah pengurangan berulang,

1/0 => 1 - 0 - 0 - 0 - ... = 0.

Sampai kapan pun pengurangan diulang tidak akan menghasilkan 0 di sebelah kanan. Maka pembagian dengan 0 adalah tak terdefinisi. Atau bila pembagian didefinisikan sebagai distribusi kepada beberapa penerima maka pembagian dengan 0 adalah tanpa penerima. Mana mungkin kita dapat mendistribusikan bila tidak ada penerima?

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat...
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ 

Tidak ada komentar: