Selasa, 10 Juni 2014

Rahasia Trigonometri Mudah dan Cepat dari Dasar sampai Mahir

Trigonometri sudah terbukti membuat anak-anak pusing kepala. Bukan hanya anak-anak, guru-guru pun pusing kepala bagaimana cara mengajarkan trigonometri agar mudah dipahami oleh para siswa. Berikut ini Paman APIQ membongkar rahasia belajar mudah matematika trigonometri dari dasar sampai mahir. Bersiaplah...!

1. Pemahaman Dasar Trigonometri

Paman APIQ selalu menekankan pentingnya pemahaman konsep dasar trigonometri. Perbandingan sisi-sisi yang tepat adalah konsep dasar trigono. Pahamilah konsep paling penting trigono adalah,

sin = depan / miring = de/mi
cos = samping / miring = sa/mi
tan = depan / samping = de/sa


Tentu mudah untuk mengingat dan memahami: demi, sami, desa.

2. Contoh Manfaat Nyata Trigonometri

Memang contoh penggunaan trigonometri terbentang luas dari kehidupan sehari-hari sampai penciptaan teknologi canggih semacam satelit. Kita perlu memilihkan beberapa contoh sederhana yang memberi ilustrasi jelas tentang manfaat trigonometri. Contoh ini sekaligus untuk memberi motivasi anak-anak belajar trigonometri.

 

3. Menguasai Rumus Trigonometri Tingkat Lanjut

Memang benar terlalu banyak rumus dalam trigonometri. Bahkan di dalam trigono dikenal juga identitas trigono yaitu sesuatu yang jelas-jelas berbeda ternyata menyatakan sesuatu yang sama belaka. Misalnya seorang siswa menemukan hasil akhirnya adalah sin30 . Tetapi tidak ada pilihan jawaban sin30. Yang ada adalah cos60. Memang sin30 = cos60.


Dengan berlimpahnya rumus trigonometri maka anak-anak perlu mengambil jalan tengah. Paman APIQ menyarankan agar anak-anak berimbang antara memahami konsep rumus dan menghafal rumus. Bila semua dipahami benar-benar maka perlu waktu yang sangat lama. Tetapi bila harus dihafal semua kadang-kadang akan sulit untuk menerapkannya. Jadi, anak cukup memahami secara intuitif maksudnya kemudian berusaha menghafal dengan cara yang kreatif.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat...
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Tidak ada komentar: